Keindahan 6 Pantai di Kalimantan  Ini Wajib Anda Kunjungi

Pantai di Kalimantan  ternyata tak kalah pesonanya dari pantai-pantai di bali ataupun di Jawa. Pulau terbesar kedua di Indonesia ini masih menyimpan berjuta pesona yang belum seluruhnya terekspos dan terurus. Nah, kali ini sobat Klitih akan kami ajak menelusuri berbagai wisata pantai baik di kalimantan barat, timur, maupun Kalimantan  selatan. Ketiga provinsi ini menyimpan keindahan pantai yang luar biasa.

Daftar Pantai di Kalimantan  Yang Pasti Membuat Anda Terkenang-Kenang

Pulau Kalimantan memang luas. Tentunya masih banyak wisata yang belum diketahui orang banyak karena belum ada yang mengunggah fotonya ke medsos. Untuk pantai-pantai berikut ini termasuk yang sudah terkenal keindahannya.

  1. Pantai Takisung, Pantai Populer di Kalimantan Selatan

Pantai Takisung ini termasuk pantai paling populer di Kalimantan Selatan. Suasananya selalu ramai di hari-hari libur maupun hari raya agama. Apalagi fasilitasnya semakin lengkap. Anda bisa naik banana boat, bermain motor roda empat (ATP), maupun naik perahu Kelotok ke Pulau Datu.

Di Pulau Datu terdapat makam Datu Pamulutan yang merupakan ulama penyebar agama Islam di wilayah Pantai Bantakan, sekaligus seorang Pangeran dari Kerajaan Sintang. Jadi wisata di pantai juga sekaligus wisata religi.

Pantai Takisung berada di Desa Takisung, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Jaraknya sekitar 22 kilometer dari Kota Pelaihari (Ibukota Tanah Laut) dan kurang lebih 87 kilometer dari Kota Banjarmasin. Sedangkan dari Bandara Syamsudin Noor sekitar 62 Km.

Rute tercepat dari Bandara adalah dengan mengikuti Jalan Ahmad Yani sampai kawasan Desa Pulau Sari lalu beralih ke Jalan Swadaya dan ke Jalan Raya Pagatan Besar. Mengikuti jalan ini Anda akan sampai di Pantai Takisung. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp5.000 di hari biasa, dan Rp10.000 di hari libur.

  1. Pantai Batu Banua Patra Kalimantan Timur, Tempat Paling Keren Untuk Hunting Foto

Pantai Batu Banua Patra memang keren sekali untuk berburu foto keren. Di pantai ini Anda memang sebaiknya tidak berenang karena kondisi pantai yang berbatu karang. Namun pemandangan sekitar pantai sangat indah. Banyak batu-batu karang besar dan terjal yang eksotik dan unik. Lokasi ini sering dijadikan lokasi pengambilan sesi berfoto.

Tak hanya foto-foto dengan latar belakang bebatuan, Anda juga bisa menantikan senja dan menikmati indahnya sunset tanpa halangan. Posisi pantai yang berada di ujung barat pulau membuat Anda lepas memandang matahari senja.

Pantai Batu Banua Patra berlokasi di Jln. Jendral Sudirman, Prapatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Hanya berjarak sekitar 11 Km dari Bandara Sepinggan. Rutenya pun sangat mudah. Dari bandara tinggal mengikuti Jalan Marsma R. Iswayudi dan menyusuri Jalan Jendral Sudirman ke arah timur. Nah, Anda bisa menikmati suasana indah di kawasan ini secara gratis.

  1. Pantai Siring Pagatan Tanah Bumbu, Esksotik, Asri dan Indah

Pantai Siring Pagatan merupakan pantai yang masih asri di Kalimantan Selatan. Keindahan matahari pagi (sunrise) menjadi daya tarik tersendiri di pantai ini. Banyak wisatawan lokal yang menjadikan pantai di Kalimantan  Selatan ini sebagai tujuan wisata saat liburan. Keindahannya belum terpromosikan sempurna sehingga pengunjung masih sebatas wisatawan lokal.

Di pagi atau sore hari pun bersantai di pinggiran pantai sangat menyenangkan. Ditemani secangkir minuman hangat dan jagung bakar yang banyak dijajakan di dekat pantai. Bagi Anda yang dari luar daerah, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh khas Kota Pagatan, misalnya kerupuk ikan yang disebut Amplang.

Lokasinya di Sei Lembu, Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Hanya berjarak sekitar 36 Km dari Bandara Bersujud Batulicin. Rutenya pun terbilang mudah. Anda hanya perlu mengikuti Jalan Lingkar Batulicin dan Jalan Ahmad Yani hingga sampai Pantai Siring pagatan. Di sini Anda pun belum dipungut uang untuk tiket masuk.

  1. Pantai Kura Kura, Suasana Desanya Sangat Kental

Untuk wisata pantai di Kalimantan  yang satu ini sangat alami dan memang akan dipertahankan sisi alaminya. Tidak ada listrik ketika malam hari, dan fasilitas masih sangat alami. Hanya ada sebuah cottage dan sebuah dangau untuk istirahat para turis. Pantai dikelola oleh pasangan asal Skotlandia bernama Charlie Robertson dan Siska Robertson. Mereka telah menetap dan mengelola pantai ini sejak tahun 2013.

Jika Anda berkunjung ke Pantai Kura-Kura, dan ingin melihat kura-kura yang mendarat di pantai dan bertelur, maka harus rela bermalam dengan penerangan lampu minyak. Hal itu dilakukan memang demi menjaga agar suasana dan kondisi pantai tetap nyaman bagi kura-kura. Nah, sore atau pagi hari, ana bisa menikmati suasana yang sangat asri. Suasana pedesaan yang kental. Pantai ini telah dipromosikan ke luar negeri dan benyak wisatawan asing yang datang ke sini.

Berlokasi di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dari Kota Pontianak, pantai ini cukup jauh, sekitar 110 Km dan memakan waktu tempuh hingga 3 jam menuju Tanjung Gundul. Sedangkan dari Kota Singkawang, Tanjung Gundul jaraknya sekitar 15 Km. dari Tanjung Gundul tinggal 3 Km saja ke Pantai Kura-Kura.

Untuk tiket masuknya hanya Rp10.000/orang. Di pinggiran pantai tersedai dangau-dangau atau gubuk rumbia sebagai tempat istirahat pengunjung. Selain menginap, melihat kura-kura, ataupun menikmati senja, Anda bisa berenang di pantai karena ombaknya tenang dan airnya jernih kebiruan.

  1. Pantai Segarasari, Wisata Nyaman Dengan Berbagai Permainan

Wisata Pantai Manggar Segarasari merupakan destinasi wisata di Kalimantan Timur dan dikelola oleh Pemda. Sehingga fasilitas dan suasana di pantai ini sudah lebih nyaman dan lengkap. Anda bisa menikmati permainan olahraga air seperti jet ski, banana boat, dan perahu karet. Disediakan juga arena bermain anak dan fasilitas ibadah bagi muslim.

Lokasinya di Jalan Pantai Manggar Segarasari, Manggar Baru, Balikpapan Timur, Kalimantan. Hanya berjarak sekitar 13 Km dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Selain itu rutenya cukup gampang. Cukup ikuti arah Jalan Mulawarman sampai ke pertigaan Jalan Partai akan Anda temukan baliho besar ucapan selamat datang.

Harga tiket masuk dihitung orang dan kendaraan, yaitu Rp10.000/ orang dan Rp5.000/ motor, Rp10.000/mobil. Fasilitasnya sangat terawat dan lengkap, sehingga Anda tak perlu khawatir kurang nyaman di sini.

  1. Pantai Melawai Balikpapan, Tempat Nongkrong Anak Muda Dengan Latar Belakang Sunset yang Menawan

Wisata pantai di Kalimantan  yang selanjutnya adalah Pantai Melawai Balikpapan. Pantai ini terkenal keindahannya dan mudah diakses. Pantaslah jika setiap malam Minggu dan malam Rabu banyak anak muda yang nongkrong dan menikmati suasana pantai ini.

Ada sunset di senja hari, kuliner khas pantai yang nikmati, dan suasana yang nyaman serta bersih. Para pedangan berjajar rapi menyajikan kuliner ala lesehan yang santai untuk bercengkrama.

Berlokasi di Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tentunya akses ke pantai sangat mudah. Dari pusat Kota Balikpapan hanya 3 Km dan Anda hanya perlu mencari angkot dengan kode nomor 6 untuk ke pantai ini. Dalam waktu 10-15 menit Anda sudah sampai.

Lebih seru lagi Anda bisa masuk tanpa harus bayar tiket, alias gratis. Hanya perlu bayar parkir saja. Jadi, sudah siap menjelajah wisata pantai di Kalimantan ? Nah, jangan lupa masukkan 6 pantai di atas dalam daftar kunjungan Anda.

No Responses

Write a response