no comments

Berwisata ke Museum Angkut Malang, Belajar Sejarah Yang Nggak Bikin Bosen

Belajar sejarah biasanya membosankan, tapi kalau kamu langsung ke Museum Angkut Malang, anggapan itu segera sirna. Khususnya untuk sejarah transportasi dari masa ke masa. Di sini kamu bisa lihat koleksi-koleksi mobil dan kendaraan dari masa zaman dahulu. Bahkan mungkin yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Seperti apa sih keseruannya?

Museum Angkut Malang, Koleksi dan Zona Koleksi Hingga Harga Tiket

Seperti namanya, Museum Angkut Malang memang mengoleksi segala macam alat transportasi baik yang kuno maupun modern. Tak hanya dari Indonesia, di museum ini ada pula alat transportasi dari negara lain. Pengelolaannya di bawah Jawa Timur Park Group, artinya masih satu payung dengan lokasi wisata terkenal lainnya, yaitu Jatim Park.

Di lokasi museum yang luasnya hingga 3,8 Ha ini kamu bakal menemui puas memelototi macam-macam kendaraan. Total ada sekitar 3000 koleksi mobil yang mejem di tempat ini. Luar biasa bukan? Karenanya, Museum Angkut tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia. Sejak dibuka pada 9 Maret 2014, wisatawan ramai mengunjungi museum ini.

Zona Dalam Museum Angkut

Nah, kalau kamu berkunjung ke museum ini, jangan melewatkan berbagai koleksi yang sudah terbagi dalam beberapa zona ruangan. Jangan sampai karena bingung ada zona yang tidak kamu kunjungi. Total ada 9 zona dalam museum ini. Kepoin yuk …

  1. Ruangan Utama
Museum-Angkut-malang

Sumber: dolandolen.com

Ruangan ini letaknya paling depan, begitu kamu masuk, langsung menemukan ruangan ini. Beragam koleksi sarana transportasi mulai dari mobil hingga sepeda dari masa ke masa terpajang di sini.

  1. Zona Edukasi

Di zona ini anak-anak bakalan betah, soalnya tata ruang dan pewarnaannya cerah dan menyenangkan. Seperti namanya, maka di sini kamu akan mendapatkan informasi tentang transpostasi dengan cara yang menyenangkan.

  1. Zona Sunda Kelapa dan Batavia
Museum-Angkut-malang

Sumber: Oktiara dwindah

Di zona ini kamu melihat replika pelabuhan Sunda Kelapa versi tempo dulu. Ada miniatur kapal-kapal, toko-toko dengan nama menggunakan ejaan Belanda dan beragam koleksi transportasi pada masa itu.

  1. Zona Uni Eropa

Zona ini merupakan representatif dari Inggris, Jerman, Italia, dan Perancis. Keempatnya dijadikan perwakilan Uni Eropa dalam zona ini. Berbagai mobil antik buatan Inggris, miniatur Istana Buckingham lengkap dengan taman dan patung Ratu Elizabeth bisa kamu temukan di sini.

  1. Zona Gangster & Broadway

Di zona ini kamu akan merasakan atmosfer dan suasana kota Chicago era 1920 an. Di mana kelompok gangster pimpinan Alphonse Gabriel begitu terkenal.

  1. Zona Hollywood

Segala nuansa Hollywood bisa kamu temukan di zona ini. Berbagai replika kendaraan dalam film box office terpajang di sini. Misalnya mobil Batman, Scooby Doo, bahkan ada juga patung Hulk.

  1. Zona Las Vegas

Sensasi glamornya kota Las Vegas bisa kamu rasakan di zona ini. Kamu akan disambut gerbang Las Vegas dan deretan kendaraan mewah.

  1. Zona Flight Training

Ingin merasakan jasi pilot sesaat? Atau adikmu ada yang bercita-cita jadi pilot? Nah, di zona ini kamu bisa membayar tiket boarding pass dan belajar menerbangkan pesawat.

  1. Zona Pasar Apung

Ingin merasakan sensasi belanja di pasar apung seperti yang di Kalimantan? Nah, di bagian akhir dari zona museum angkut ada pasar apung yang diseting seperti pasar apung Kalimantan. Namun konsepnya lebih luas lagi karena berkonsep penjualan nusantara. Berbagai kuliner khas nusantara ada di sini, dan proses jual belinya di atas perahu. Ada 10 unit perahu dayung yang bisa digunakan pengunjung untuk berkeliling pasar apung secara gratis.

Lokasi dan Rute Museum Angkut, Batu, Malang

Museum Angkut terletak di Jl. Terusan Sultan Agung Atas, No.2 Kota Batu, Malang. Untuk kendaraan umum, dari arah manapun patokannya adalah Terminal Batu, lalu naik angkot berwarna jingga menuju lokasi. Sedangkan bagi yang membawa mobil pribadi waktu tempuhnya hanya 15 menit dari Kota Malang. Ikuti saja Jalan Imam Bonjol Bawah hingga depan Jatim Park lurus saja sampai kamu menemukan Museum Angkut.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Untuk tiket masuk pada hari biasa harganya Rp70.000. Sedangkan di akhir pekan menjadi Rp100.000. Museum ini buka setiap hari antara jam 12.00 s/d 20.00.

Nah, silakan berkunjung ke Museum Angkut, Batu, Malang. Usahakan kondisimu bugar untuk dapat menjelajah semua zona. Oh, ya dilarang membawa makanan dari luar museum kecuali untuk Balita, dan kamu yang perokok nggak bisa menikmati asapmu di sini. Hehe.

Reply